PENGARUH PENDEKATAN STEM DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MBLOCK PADA MATERI FISIKA TEKNOLOGI LED DI SMA MUHAMMADIYAH 2 DEPOK

Mubarok, Yuni Rahmawati dan Hartini, Tri Isti (2021) PENGARUH PENDEKATAN STEM DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MBLOCK PADA MATERI FISIKA TEKNOLOGI LED DI SMA MUHAMMADIYAH 2 DEPOK. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Yuni Mubarok.pdf]
Preview
Text
Yuni Mubarok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pendekatan STEM dan literasi digital terhadap hasil belajar siswa menggunakan mBlock pada materi fisika teknologi LED di SMA Muhammadiyah 2 Depok. Metode pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pre experimental design dengan jenis pre tes and pos tes one group design. Metode ini diberikan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Untuk metode ini, langkah yang harus dilakukan adalam memberikan tes kepada subyek yang belum diberikan perlakukan (diberikan pendektan STEM dan literasi digital) yang disebut sebagai pre tes (O1) dan selanjutnya diberikan pos tes (O2) setelah diberikan perlakuan. Adapun hasil dari pre tes dan pos test memberikan nilai rata-ratanya pre tes sebesar 39.05 dan nilai pos tes sebesar 74.21 serta hasil uji -t meyatakan thitung = 14.059, sedangkan nilai probilitasnya = 0.01. Karena nilai p = 0.01 < 0.05 maka berdasarkan hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga pendekatan STEM dan literasi digial memberikan pengaruh terhadap hasil belajar, adapun besar pengaruh yang diberikan dapat dilihat pada nilai Cohen’s d yaitu sebesar 3.144.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works
L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:05
Last Modified: 10 Jul 2023 09:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25084

Actions (login required)

View Item View Item