Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Web Pada Materi Efek Fotolistrik di SMA

Ananda, Usni Ttritia dan Burhendi, Feli Cianda Adrin (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Web Pada Materi Efek Fotolistrik di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Usni Tritia Ananda.pdf]
Preview
Text
Usni Tritia Ananda.pdf

Download (835kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk mengurangi kesulitan dalam
menjelaskan karena harus memvisualalisasikan contoh objek-objek yang berukuran kecil
yang tidak dapat dilihat oleh kasat mata dan mengurangi kesalahpahaman konsep materi
fisika di SMA, khusunya pada materi efek fotlistrik. Tujuan dari penelitian ini adalah
mengembangkan media pembelajaran Augmented Reality berbasis WEB pada Materi Efek
Fotolistrik di SMA. Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan model tahapan
ADDIE. Pada tahap Analyse, dilakukan obervasi awal untuk bahan permasalahan dan latar
belakang penulisan skripsi ini. Pada tahap Design, dilakukan dengan tahap proses
pembuatan konsep dan pembuatan konten hingga menjadi media pembelajaran Augmented
Reality. Pada tahap Development, media yang sudah dibuat diuji kelayakan oleh para ahli
media. Pada tahap Implementation, dilakukan dengan uji lapangan oleh 15 peserta didik
(skala kecil) dan 40 peserta didik (skala besar). Selanjutnya pada tahap terakhir, yaitu
Evaluation media pembelajaran sudah dalam perbaikan tahap akhir. Data yang sudah
diperoleh lalu diolah dan didapatkan data kuantitatif dan data kualitatif. Nilai presentase
yang diperoleh dari ahli media 75,94%, yang artinya pengembangan media pembelajaran
yang dibuat masuk dalam predikat baik. Pada tahap uji lapangan, untuk skala kecil
memperoleh nilai presentase 83,24%, yang artinya pengembangan media pembelajaran
yang dibuat masuk dalam predikat baik dan untuk skala besar (tahap akhir) memperoleh
nilai presentase 85,21%, yang artinya pengembangan media yang dilakukan hingga tahap
akhir masuk dalam predikat sangat baik. Peningkatan semua aspek uji lapangan skala kecil
ke skala besar sebesar 4,26%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media
pembelajaran Augmented Reality berbasis WEB layak untuk digunakan sebagai media
pembelajaran fisika, khususnya pada materi efek fotolistrik

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works
L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:05
Last Modified: 10 Jul 2023 09:05
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25082

Actions (login required)

View Item View Item