Pengembangan Alat Praktik Fisika GLB dan GLBB Dengan Sistem IOT dan ECU yang Berbasis Sensor Inframerah dan LCD Touch Screen

Supriyatna, Supriyatna dan Hidayat, Mirza Nur (2021) Pengembangan Alat Praktik Fisika GLB dan GLBB Dengan Sistem IOT dan ECU yang Berbasis Sensor Inframerah dan LCD Touch Screen. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of SUPRIYATNA.pdf]
Preview
Text
SUPRIYATNA.pdf

Download (824kB) | Preview

Abstract

Penelitaian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan kegiatan praktikum yang sulit dan sedikitnya penggunaan alat praktik berbasis sensor inframerah dan LCD touch screen dengan sisitem IoT dan ECU. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika dalam bentuk alat praktik pada materi GLB dan GLBB. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model ADDIE. Pada tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan dari studi literatur dan analisis masalah. Pada tahap desain, dilakukan pembuatan desain produk berupa blueprint, dan menghasilkan tampilan utama (user interface), sistem Internet of Things (IoT), dan Engine Control Unit (ECU). Pada tahap pengembangan, dilakukan pembuatan alat praktik dan diuji kelayakannya oleh ahli materi dan ahli media. Pada tahap implementasi, alat praktik diujicoba skala kecil sebanyak 15 responden. Selanjutnya dievaluasi. Data yang diperoleh dianalisis secra deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Nilai rata-rata ahli materi 85,05% dengan predikat baik, nilai ahli media 82,38% dengan predikat baik, penilaian guru 82,28% dengan predikat baik, uji skla kecil 81,82% dengan predikat baik, uji skala besar 84,18% dengan predikat baik. Dapat disimpulkan bahwa media alat praktik bebasis IoT dan ECU layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi GLB dan GLBB.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works
L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:04
Last Modified: 10 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25077

Actions (login required)

View Item View Item