PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Hanifatinisa, Hanifatinisa dan Ramadhar, Yulia (2021) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Hani Fatinisa.pdf]
Preview
Text
Hani Fatinisa.pdf

Download (842kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi pendahuluan dengan melakukan
pengamatan secara langsung dan wawancara dengan pendidik dan peserta didik
SMA Muhammadiyah 3 Jakarta oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui ada atau tidaknya pengaruh faktor internal dalam diri peserta didik (self
regulated learning) yang diiringi penggunan model pembelajaran discovery
learning terhadap hasil belajar fisika peserta didik di SMA Muhammadiyah 3
Jakarta. Metode penelitian One Group Pretest-Postest Design. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini ialah Non-probability sampling dengan metode
quota sampling. Pada pengujian validitas 34 butir kuisioner self regulated learning
(SRL) sebanyak 31 butir valid dan 3 butir drop. Pada pengujian reabilitas
dengan kategori reabilitas sangat tinggi. Pada
pengujian validitas soal tes hasil belajar fisika menggunakan 33 soal pilihan ganda
dengan 25 soal valid dan 8 soal drop. Pada saat uji reabilitas menggunakan
microfost excel = 0,443, maka dapat dilihat dari hasil uji
reabilitas tersebut dapat disimpulkan bahwa instrument tersebut reliable. Dari
perhitungan uji kesukaran yang dilakukan 21 soal masuk ke dalam kategori mudah,
4 soal masuk kategori sedang, dan 0 soal masuk kategori sukar. Pada uji daya
pembeda soal 5 soal masuk kategori kurang, 15 soal masuk dalam kategori cukup
baik, 5 soal masuk dalam kategori baik. Setelah itu dilakukannya pretest dan
posttest dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik
dari sebelumnya dan sesudah diberi perlakuan. Selanjutnya pada uji normalitas
diperoleh signifikansi hitung 1,00 (tidak normal) pada kuisioner SRL, 0,143
(normal) pada pretest dan 0,1082 (normal) pada posttest. Uji homogenitas dapat
disimpulkan data bersifat homogen karena = 3.76 < = 35.172 dengan taraf
signifikansi 0.05. Pada uji hipotesis menggunakan uji gain, dapat dilihat adanya
peningkatan yang signifikan dari penelitian ini. Maka dari ini bahwa diterima
dan ditolak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:04
Last Modified: 10 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25070

Actions (login required)

View Item View Item