PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATERI RANGKAIAN ARUS BOLAK-BALIK MENGGUNAKAN APLIKASI IBIS PAINT X

Dessyana, Dhifa Syaumy dan Burhendi, Feli Cianda Adrin (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATERI RANGKAIAN ARUS BOLAK-BALIK MENGGUNAKAN APLIKASI IBIS PAINT X. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Dhifa Syaumy Dessyana.pdf]
Preview
Text
Dhifa Syaumy Dessyana.pdf

Download (789kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan berdasarkan hasil observasi ke beberapa sekolah dengan mengambil data responden untuk analisis kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang berupa komik (Media Visual) pada pokok bahasan rangkaian arus bolak-balik agar peserta didik dapat memahami materi tersebut juga penerapannya pada kehidupan sehari-hari. Pada penelitian ini, pengembangan yang dilakukan menggunakan model ADDIE. Pada tahapan analysis, peneliti melakukan studi literature dan analisis kebutuhan. Pada tahap design, dilakukan tahap pembuatan produk, dimulai dari pembuatan naskah, pembuatan storyboard, drawing and colouring, and rendering. Pada tahap pengembangan, media yang sudah siap diuji kelayakannya melalui ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media. Pada tahap implementasi, media yang sudah divalidasi oleh parah ahli diuji coba lapangan kelompok skala kecil dan besar dengan 30 responden. Selanjutnya tahap evaluasi. Setelah mendapatkan data, data tersebut dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari ahli bahasa 79,45% dengan kategori baik, nilai ahli materi 88,96% dengan kategori sangat baik, kemudian niali ahli media sebesar 79,83% dengan kategori baik, lalu nilai uji skala kecil sebesar 88,18% berkategori sangat baik, dan nilai uji skala besar 90,74% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data yang didapat bisa disimpulkan bahwa media komik ini layak untuk digunakan sebgaai media pembelajaran pada materi rangkaian arus bolak-balik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:04
Last Modified: 10 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25068

Actions (login required)

View Item View Item