PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MASA NEW NORMAL

Salsabila, Salsabila dan Ritonga, Rosi Feirina (2022) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MASA NEW NORMAL. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of SALSABILA.pdf]
Preview
Text
SALSABILA.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini berkaitan dengan dorongan belajar siswa masih rendah dan siswa
kurang aktif dalam pembelajaran yang sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan memahami pengaruh penerapan pembelajaran blended learning terhadap
pembelajaran biologi di masa new normal. Metode penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dan
sampel yang digunakan adalah 36 siswa kelas X MIPA 1 (kelas eksperimen) dan 33 siswa kelas
X MIPA 2 (kelas kontrol). Hipotesa penelitian ini yaitu pengaruh penerapan pembelajaran
blended learning terhadap pembelajaran biologi. Teknik pengambilan data adalah pretest,
posttest, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes awal (pretest) kelas
eksperimen sebesar 86,85 dan kelas kontrol sebesar 69,19 sedangkan hasil tes akhir (posttest)
kelas eksperimen sebesar 87,69 dan kelas kontrol sebesar 78,99. Hasil penelitian didukung oleh
uji hipotesis t’ yang memperoleh thitung -3,16 < ttabel 1,99 (kelas eksperimen) dan thitung -3,16 <
ttabel 2,00 (kelas kontrol). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan
pembelajaran blended learning terhadap pembelajaran biologi dalam materi plantae. Terdapat
juga hasil respon siswa 86,34 siswa setuju dan 13,66 siswa tidak setuju terhadap blended
learning.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:04
Last Modified: 10 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25055

Actions (login required)

View Item View Item