Analisis Persiapan dan Pemahaman Peserta Didik Terkait Penggunaan Laboratorium Biologi Di Masa Pandemi Di SMA Muhammaiyah 23 Jakarta

Dewi, Rani Alvama dan Safahi, Luthpi (2022) Analisis Persiapan dan Pemahaman Peserta Didik Terkait Penggunaan Laboratorium Biologi Di Masa Pandemi Di SMA Muhammaiyah 23 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Rani Alvama Dewi .pdf]
Preview
Text
Rani Alvama Dewi .pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesiapan dan pemahaman peserta didik
terhadap penggunaan Laboratorium kepada peserta didik XI MIPA 1 SMA
MUHAMMADIYAH 23 Jakarta tahun ajaran 2022/23. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian kuantutatif deskriptif. Sampel yang digunakan yaitu
Sampling Claster Random.
Pada uji validitas menggunakan Product Moment sebanyak 40 butir soal pilihan
ganda dengan 39 butir soal valid dan 1 butir soal drop. Sedangkan uji realibitas
menggunkan Cronbach Alfa dengan koefisien 0,90 dengan interprestasi sangat
realiabel. Pada butir soal tersebut diperkuat dengan faktor menggunakan angket
sebanyak 9 butir dengan hasil valid. Sedangkan uji realibilitas 0,28 dengan
interprestasi rendah.
Pada hasil tersebut mendapatkan nilai rata-rata 81,5% peserta didik siap dalam
menggunakan Laboratorium seperti kesiapan dalam kelengkapan, peraturan serta
etika dalam Laboratorium, dan penggunaan serta menyimpanan alat Laboratorium.
Sebanyak 83% peserta didik memahami penggunaan Laboratorium. Seperti
memahami fungsi alat dan Laboratorium. Memahami nama alat dan simbol
Laboratorium. Serta mengetahui ciri-ciri alat Laboratorium. Pada hasil instrument
angket mendapatkan 65% hasil dari fakor kesiapan dan pemahaman penggunaaan
Laboratorium.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:04
Last Modified: 10 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25052

Actions (login required)

View Item View Item