Hubungan Keterampilan Proses Sains (KPS) Dengan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Materi Ekosistem

Amira, Qidsy dan Safahi, Luthpi (2022) Hubungan Keterampilan Proses Sains (KPS) Dengan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of QIDSY AMIRA.pdf]
Preview
Text
QIDSY AMIRA.pdf

Download (846kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keeratan hubungan indikator keterampilan proses sains dengan sikap ilmiah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMAN 15 Kota Bekasi pada tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 6 kelas dengan total sebanyak 396 siswa, pada bulan September hingga November 2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah sebanyak 30 butir soal, serta angket sejumlah 24 butir pernyataan pada materi ekosistem.
Kemampuan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata keterampilan proses sains yaitu 62,10 dan nilai rata-rata sikap ilmiah yaitu 85,93. Hasil penelitian menunjukkan kedua variabel memiliki nilai signifikansi (Sig.) 0.85 > 0.005 maka tidak terdapat hubungan keterampilan proses sains dengan sikap ilmiah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:04
Last Modified: 10 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25051

Actions (login required)

View Item View Item