Amira, Qidsy dan Safahi, Luthpi (2022) Hubungan Keterampilan Proses Sains (KPS) Dengan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
QIDSY AMIRA.pdf Download (846kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keeratan hubungan indikator keterampilan proses sains dengan sikap ilmiah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMAN 15 Kota Bekasi pada tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 6 kelas dengan total sebanyak 396 siswa, pada bulan September hingga November 2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah sebanyak 30 butir soal, serta angket sejumlah 24 butir pernyataan pada materi ekosistem.
Kemampuan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata keterampilan proses sains yaitu 62,10 dan nilai rata-rata sikap ilmiah yaitu 85,93. Hasil penelitian menunjukkan kedua variabel memiliki nilai signifikansi (Sig.) 0.85 > 0.005 maka tidak terdapat hubungan keterampilan proses sains dengan sikap ilmiah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 09:04 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 09:04 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25051 |
Actions (login required)
View Item |