Analisis Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak DKI Jakarta

Anggana, Prima dan Elvianasti, Mega (2022) Analisis Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak DKI Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Prima Anggana.pdf]
Preview
Text
Prima Anggana.pdf

Download (885kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak di DKI Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah penggerak DKI Jakarta pada bulan Maret hingga Juni 2022. Populasi pada penelitian ini adalah 11 Sekolah Menengah Atas (SMA) di DKI Jakarta yang dijadikan sekolah penggerak. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel yang terpilih pada penelitian ini sesuai dengan kesediaan responden berdasarkan populasi yaitu SMAN 86 Jakarta, SMAN 50 Jakarta, SMAN 109 Jakarta, SMAN 71 Jakarta, SMAN 21 Jakarta. Instrumen yang digunakan adalah wawancara terbuka dan angket dengan indikator penerapan kurikulum merdeka, keterampilan abad 21, kearifan lokal/etnosains, penerapan strategi pembelajaran, pembelajaran berbasis proyek. Teknik analisis data menggunakan skala guttman dan pendekatan naratif serta berbantuan aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan 96,66% guru telah menerapkan dan memahami kurikulum merdeka, pengintegrasian tema kearifan lokal dihasilkan 62%, keterampilan abad 21 95% guru telah memahami dan mampu meningkatkan keterampilan abad 21, pemahaman bahwa strategi pembelajaran guru pada kurikulum merdeka memiliki hasil 40%, penerapan pembelajaran berbasis proyek sudah 73,33%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman guru
vi
terhadap perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 menuju kurikulum merdeka sudah memahami dengan baik hanya saja untuk pengintegrasian kearifan lokal kedalam pembelajaran guru masih belum mampu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:04
Last Modified: 10 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25050

Actions (login required)

View Item View Item