META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Pratiwi, Niluh Sonia dan Ritonga, Rosi Feirina (2022) META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of NILUH SONIA PRATIWI.pdf]
Preview
Text
NILUH SONIA PRATIWI.pdf

Download (892kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis dan sintesis artikel ilmiah tentang
pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berfikir
kritis dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif
observasional. Sempel dari penelitian ini yaitu artikel publikasi ilmiah.
Berdasarkan meta-analisis yang dilakukan didapatkan hasil yaitu: pertama, Summary effect
size pengaruh model PBL terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran
biologi yaitu 12,315 dalam kategori berpengaruh tinggi. Artikel yang dianalisis memiliki effect
size yang bervariasi yaitu effect size tertinggi pada kode artikel 14S sedangkan pada kode 13S
memiliki nilai effect size yang terkecil.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:04
Last Modified: 10 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25046

Actions (login required)

View Item View Item