PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SEL BERBASIS WORDWALL

Lia, Mahliyah dan Safahi, Luthpi (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SEL BERBASIS WORDWALL. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Mahliyah Lia.pdf]
Preview
Text
Mahliyah Lia.pdf

Download (975kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrument evaluasi pembelajaran biologi materi sel berbasis wordwall. Penelitian ini dilakukan dari bulan Agustus hingga September 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah pengembangan instrument difokuskan pada 5 tahap yaitu Analisis, Disain, Perkembangan, Implementasi, Evaluasi. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA SMAS Al-Huda Cengkareng dengan responden 64 peserta didik untuk uji coba tahap I. Sedangkah, pada uji tahap II penelitian dilakukan dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 67 responden kelas XI IPA. Instrumen evaluasi yang dikembangkan berupa soal pilihan ganda, teka-teki silang, dan benar-salah berjumlah 40 soal dan disusun berdasarkan indikator pembelajaran materi sel. Hasil penelitian ini yaitu instrument evaluasi yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli materi guru 86,4%dengan kriteria sangat layak dan ahli materi dosen mendapatkan presentase sebesar 75,3% dengan kriteria layak, dan ahli media medapatkan presentase sebesar 46% dengan kriteria kurang layak. Sedangkan uji kepraktisan yang dilakukan oleh peserta didik didapat hasil pada uji kepraktisan tahap I mendapatkan presentase sbesar 86,8% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan pada uji kepraktisan tahap II mendapatkan persentase sebesar 91,6% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Pengujian reabilitas dengan menggunakan rumus Guildford di dapatkan nilai r₁₁ sebesar tiap tipe soal sebesar 0,623 yang tergolong (tinggi) pada soal pilihan ganda, 0,380 yang tergolong (rendah) pada soal teka-teki silang dan 0,323 yang tergolong (rendah) pada soal benar-salah. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan instrument evaluasi yang layak digunakan dalam pembelajaran biologi materi sel peserta didik kelas XI SMA Semester I dengan jumlah 25 butir Soal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:03
Last Modified: 10 Jul 2023 09:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25039

Actions (login required)

View Item View Item