HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA

Elsa, Elsa dan Akbar, Budhi (2022) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of ELSA.pdf]
Preview
Text
ELSA.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan hal yang penting pada abad ke-21. Rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah menjadi salah satu fakta pendidikan di Indonesia. Berpikir komputasional merupakan cara berpikir dalam pemecahan masalah yang harus dibangun siswa dalam era digital. Hubungan natara kemampuan berpikir komputasional dengan kemampuan kognitif dan non-kognitif telah diungkap dalam penelitian lain. Sehingga, penelitian ini dilakukan untuk mengungkap hubungan kemampuan berpikir komputasional dan sikap sosial siswa sesuai keadaan hasil dari pembelajaran kolaboratif di kelas Biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada Maret 2022 di salah satu SMA negeri wilayah Jakarta Timur. Data diperoleh melalui wawancara dengan guru Biologi, tes kemampuan berpikir komputasional, dan angket sikap sosial. Tes kemampuan berpikir komputasional dan angket sikap sosial diberikan kepada 71 siswa kelas X sebagai sampel yang dipilih melalui cluster random sampling dari 180 siswa kelas X yang dijadikan populasi penelitian. Hasil dari uji Pearson Correlation mengungkapkan ada hubungan signifikan antara kemampuan berpikir komputasional dan sikap sosial pada kategori sedang (r= 0,461) dan nilai koefisien determinasi sebesar 21,2%. Hubungan tersebut memiliki arti, semakin baik kemampuan berpikir komputasional maka semakin baik pula sikap sosial yang dimilikinya

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:03
Last Modified: 10 Jul 2023 09:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25035

Actions (login required)

View Item View Item