ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI PELAJARAN BIOLOGI SEMESTER GANJIL

Rofiyati, Nur dan Akbar, Budhi (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI PELAJARAN BIOLOGI SEMESTER GANJIL. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Nur Rofiyati.pdf]
Preview
Text
Nur Rofiyati.pdf

Download (790kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan berpikir
tingkat tinggi siswa kelas XI SMA pada mata pelajaran biologi semester ganjil serta
faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kuantitatif dengan responden sebanyak 51 siswa melalui teknik Cluster
Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan soal tes kemampuan berpikir
tingkat tinggi, kuesioner, dokumentasi, dan wawancara guru. Analisis data
menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase (NP). Berdasarkan hasil
analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi
diperoleh sebesar 32,74% (kurang baik), dengan masing masing indikator
menganalisis (C4) sebesar 30,6% (kurang baik), mengevaluasi (C5) sebesar 35,9%
(kurang baik), dan mencipta (C6) sebesar 35,9% (kurang baik). Faktor pendukung
dari faktor eksternal dan internal berupa metode pembelajaran diskusi, inkuiri dan
PjBL, media pembelajaran power point dan literatur online (internet), lingkungan
kelas, lingkungan bimbingan belajar, dan lingkungan teman sebaya. Faktor
penghambat dari faktor eksternal dan internal berupa minat siswa dan media
pembelajaran gambar dan grafik. Kesimpulannya kemampuan berpikir tingkat
tinggi siswa kelas XI SMA pada mata pelajaran biologi semester ganjil termasuk
ke dalam kategori kurang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:02
Last Modified: 10 Jul 2023 09:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25016

Actions (login required)

View Item View Item