ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BIOLOGI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Kharisma, Nanda Agustifani Nur dan Elvianasti, Mega (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BIOLOGI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Nanda Agustifani.pdf]
Preview
Text
Nanda Agustifani.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang penting dan wajib dimiliki oleh pesserta didik agar dapat menyelesaikan masalah secara tepat dan terarah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 39 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Uji validitas pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment sebanyak 10 soal uraian dengan 9 soal valid dan 1 soal tidak valid. Sedangkan pada uji reliabiliitas pada penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach memperoleh r hitung = 0,781 > rtabel = 0,329, maka instrumen tes tersebut dapat dikatakan reliabel. Sedangkan pada instrumen non tes terdapat 20 pernyataan yang telah di validasi oleh dosen ahli. Terdapat 4 indikator pada kemampuan pemecahan masalah menurut Polya, yaitu 1) Memahami Masalah, 2) Menyusun Rencana, 3) Melaksanakan Rencana, dan 4) Memeriksa Kembali. Hasil penelitian pada instrumen tes menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 65,64 pada materi perubahan lingkungan. Namun jika dilihat pada tiap indikator, indikator ke-4 berada dalam kategori rendah dengan persentase 56,41. Hal ini dikarenakan peserta didik tidak melakukan pengecekan kembali terhadap jawaban yang ditulis dan peserta didik masih ragu-ragu terhadap jawabannya. Sedangkan hasil penelitian pada instrumen non tes menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 73,05. Seluruh indikator berada dalam kategori tinggi dengan persentase terendah 72,65% pada indikator Memahami Masalah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 09:02
Last Modified: 10 Jul 2023 09:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25008

Actions (login required)

View Item View Item