PENGARUH AIR RENDAMAN KULIT BAWANG MERAH (Allium cepa L.) TERHADAP PERTUMBUHAN AKAR STEK BATANG TANAMAN BUNGA KERTAS (Bougainvillea spectabilis Willd)

Nabilah, Nabilah dan Maryanti, Setyaningsih (2021) PENGARUH AIR RENDAMAN KULIT BAWANG MERAH (Allium cepa L.) TERHADAP PERTUMBUHAN AKAR STEK BATANG TANAMAN BUNGA KERTAS (Bougainvillea spectabilis Willd). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of Nabila Azzahra.pdf]
Preview
Text
Nabila Azzahra.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Air rendaman kulit bawang merah merupakan salah satu zat pengatur tumbuh alami yang dapat digunakan untuk merangsang pembentukkan akar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh air rendaman kulit bawang merah terhadap pertumbuhan akar stek batang tanaman bunga kertas. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Juli 2021 di Komplek Departemen Perhubungan Laut Bekasi Timur menggunakan metode eksperimental, desain Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 kali ulangan, yaitu A1 0%, A2 20%, A3 40%, A4 60%, dan A5 80%. Parameter yang diukur jumlah akar dan panjang akar. Analisis data menggunakan One Way Anova dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil penelitian didapatkan rata-rata jumlah akar yang paling banyak adalah 5 buah akar dengan konsentrasi A5 80%. Rata-rata panjang akar terpanjang adalah 3,5 cm dengan konsentrasi A5 80%. Hasil analisis One Way Anova menunjukkan bahwa F hitung < F tabel pada parameter jumlah akar dan panjang akar yang berarti ada pengaruh dari air rendaman kulit bawang merah terhadap pertumbuhan akar stek batang tanaman bunga kertas dengan hasil pengaruh berbeda tidak nyata. Hasil terbaik terdapat pada perlakuan A5 dengan konsentrasi 80% meningkatkan jumlah dan panjang akar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari pemberian air rendaman kulit bawang merah terhadap pertumbuhan akar stek batang tanaman bunga kertas (Bougainvillea spectabilis Willd).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:52
Last Modified: 10 Jul 2023 08:52
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25000

Actions (login required)

View Item View Item