Rosalinda, Imelda dan Akbar, Budhi (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING SECARA DARING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATERI SISTEM REPRODUKSI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
Imelda Rosalinda.pdf Download (368kB) | Preview |
Abstract
Pada abad 21 kebutuhan peserta didik tidak sekedar mengafal melainkan diperlukan
keterampilan-keterampilan berfikir tingkat tinggi seperti menganalisis,
mengevaluasi dan mengkreasikan untuk menunjang kehidupan, maka penerapan
dan pembiasaan pada lingkungan sekolah harus dimaksimalkan. Guru diharapkan
dapat menerapkan pembelajaran yang berorientasi pada HOTS. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji pengaruh model discovery terhadap keterampilan berfikir
tingkat tinggi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Jakarta pada tahun 2021. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah quarsi eksperimen dengan desain
penelitian posttest only control design. Sampel berjumlah 70 siswa dengan teknik
pengambilan sampel mengguanakan cluster random sampling. Pengumpulan
menggunakan intrumen test berorientasi HOTS berumlah 30 soal pilihan ganda. Uji
hipotesis dengan menggunakan uji T memperoleh hasil nilai thitung > t0,99(70) yang
berarti Ho ditolak maka penerapan model discovery secara daring berperngaruh
meningkatkan keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem
reproduksi, selain itu penerapan model ini meningkatkan motivasi belajar dan
membuat siswa tidak bosan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:52 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:52 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24979 |
Actions (login required)
View Item |