Salsabila, Firyal Tsana dan Yarza, Husnin Nahry (2021) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 13 JAKARTA UTARA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
Firyal Tsana Salsabila.pdf Download (491kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil peserta didik dalam
Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada materi biologi SMA Kelas XI
semester II. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret hingga Juli 2021. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek uji coba
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 13 Jakarta dengan
responden sebanyak 50 orang yang tersebar di dalam kelas XI MIPA-1 dan MIPA-2.
Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan sampel menggunakan cluster random
sampling. Instrumen penilaian berupa soal tes sebanyak 30 butir soal dengan option
pilihan ganda yang terdiri dari tiga indikator HOTS yaitu C4 (menganalisis), C5
(mengevaluasi), dan C6 (mencipta). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi
kedalam kategori cukup. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata 50,78 dengan setiap
indikator dengan nilai persentase menganalisis (C4) sebanyak 51,6%, mengevaluasi
(C5) 49,66%, dan mencipta (C6) 44%. Hasil analisis data menunjukkan butir soal yang
valid sebanyak 22 dan yang tidak valid sebanyak 8 butir soal. Pada pengujian
reliabilitas sebesar 0,43 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukkan bahwa perlu adanya peningkatan lagi kemampuan berpikir tingkat tinggi
peserta didik dan guru dalam pembuatan soal untuk mengevaluasi pembelajaran
biologi di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:51 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:51 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24973 |
Actions (login required)
View Item |