Anzani, Fidiastiwi dan Irdalisa, Irdalisa (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
Fidiastiwi Anzani.pdf Download (550kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA pada materi sistem pernapasan dalam menyelesaikan permasalahan melalui pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan pada 32 siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari instrumen tes. Kemampuan berpikir kreatif dalam penelitian ini sebagai kemampuan berpikir dalam mengembangkan kemampuan berpikir kelancaran (fluency), berpikir luwes (flexibility), berpikir original (originality), dan berpikir elaborasi (elaboration). Hasil penelitian tes kemampuan berpikir kreatif siswa secara keseluruhan adalah 42,38% yang termasuk dalam ketegori kurang sekali. Kemampuan berpikir kelancaran (fluency) sebesar 48,83% termasuk dalam kategori kurang sekali, berpikir keluwesan (flexibility) sebesar 34,90% termasuk dalam kategori kurang sekali, berpikir orisinil (originality) sebesar 43,36% termasuk dalam kategori kurang sekali, dan berpikir elaborasi (elaboration) sebesar 50% termasuk dalam kategori kurang sekali. Hasil ini menunjukan kemampuan siswa dalam menghasilkan berbagai jawaban untuk menyelesaikan permasalahan pada pada pembelajarab daring termasuk rendah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:51 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:51 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24972 |
Actions (login required)
View Item |