KESIAPAN SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SELAMA PANDEMI COVID-19

Sriwijaya, Arjun dan Murwitaningsih, Susanti (2021) KESIAPAN SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SELAMA PANDEMI COVID-19. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.

[thumbnail of ARJUN SRIWIJAYA.pdf]
Preview
Text
ARJUN SRIWIJAYA.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran biologi selama pandemi covid-19. Sampel yang digunakan berjumlah 50 orang yang didalamnya termasuk kepala sekolah, wakil kurikulum, guru biologi, peserta didik dan orang tua/walinya. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purpossive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuisioner, wawancara dan studi dokumen.
Kesiapan belajar harus diperhatikan dalam kegiatan proses pembalajaran, sebab dengan adanya kesiapan maka akan memudahkan seseorang menerima dan memahami materi (bagi peserta didik) serta memudahkan guru mentransfer ilmunya. Kesiapan yang dimiliki oleh peserta didik akan memberikan dampak positif berupa respon melalui caranya sendiri. Maka dari itu dengan adanya persiapan, maka hasil belajarnya-pun akan baik. Kondisi yang ideal ini tidak luput dari perhatian, motivasi dan perkembangan persiapan. Suatu pembelajaran yang baik tergantung dari matang tidaknya kesiapan yang dilakukan oleh sekolah maupun peserta didiknya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik melihat penerapan kurikulum sekolah memiliki persentase sebesar 80.8% dengan kategori baik, aspek peran sekolah diperoleh hasil 75.6 dengan kategori baik, aspek sikap diperoleh 83.2% dengan kategori baik sekali, aspek faktor internal diperoleh 80.6% dengan kategori baik, dan aspek terakhir faktor eksternal 78.3% dengan kategori baik. Selain itu, terdapat hasil kuisioner guru yang mendapatkan perolehan data seperti pada aspek penerapan kurikulum diperoleh hasil 83.8% dengan kategori baik sekali, aspek peran sekolah diperoleh hasil 93.8% dengan kategori baik, aspek sikap diperoleh 87.5% dengan kategori baik sekali, aspek faktor internal diperoleh 100% dengan kategori baki sekali, dan aspek terakhir faktor eksternal 87.5% dengan kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:51
Last Modified: 10 Jul 2023 08:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24962

Actions (login required)

View Item View Item