Azzahra, Annida Shafa dan Irdalisa, Irdalisa (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL BERBASIS STEAM DENGAN TEKNIK ECOPRINT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PEMEROLEHAN DIMENSI PENGETAHUAN SISWA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka.
Preview |
Text
ANNIDA SHAFA AZZAHRAH.pdf Download (564kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur yang sistematis dalam mengelola pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar yang diingingkan, dan berfungsi menjadi pedoman bagi para perancang pembelajaran dan pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran PjBL berbasis STEAM dengan teknik ecoprint terhadap peningkatan kreativitas dan pemerolehan dimensi pengetahuan siswa. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan sampel sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2022 sampai Maret 2022 di SMA Negeri 105 Jakarta. Analisis data berupa analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh dari pengaruh model pembelajaran PjBL berbasis STEAM terhadap peningkatan kreativitas dan pemerolehan dimensi pengetahuan siswa dengan teknik ecoprint, dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan peningkatan kreativitas dan pemerolehan dimensi pengetahuan. Perbandingan yang di dapat dari peningkatan kreativitas yaitu 14 siswa dengan kategori kreativitas sangat baik dan 22 siswa dengan kategori kreatifitas baik. Sementara untuk peningkatan pemerolehan dimensi pengetahuan siswa dilihat dari nilai pre test ke nilai post test pada penelitian ini mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari taraf signifikasi yang hasilnya Thitung 31,16 lebih besar dari Ttabel 1,67 (α0,05)
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | libfkip libfkip libfkip |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:51 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:51 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24954 |
Actions (login required)
View Item |