Pengaruh Current Ratio, Debt Asset Ratio, dan Total Asset Turnover terhadap Profitabilitas Perusahaan Konstruksi dan Pembangunan di Indonesia

Nur Alifah Ramadhini, Alhani (2022) Pengaruh Current Ratio, Debt Asset Ratio, dan Total Asset Turnover terhadap Profitabilitas Perusahaan Konstruksi dan Pembangunan di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MANAJEMEN_1802025251_ALHANI NUR ALIFAH R.pdf]
Preview
Text
FEB_MANAJEMEN_1802025251_ALHANI NUR ALIFAH R.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, Profitabilitas (ROA) Perusahaan Konstruksi Dan Pembangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam jangka tahun 2016 hingga tahun 2020 merupakan variabel dependen, dan tiga variabel independent lainnya adalah Current Ratio, Debt Asset Ratio, dan Total Asset Turnover. Dengan sampel yang berjumlah 7 (Tujuh) perusahaan yang dipilih untuk penelitian ini dengan menggunakan metode descriptive kuantitatif dan purposive sampling. Dan juga dibantu dengan sistem perangkat lunak SPSS, Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukan secara simultan bahwa current ratio, debt asset ratio dan total asset turnover berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on asset. Dan secara parsial menghasilkan bahwa Current ratio berpengaruh negatif terhadap return on assets, debt asset ratio tidak berpengaruh terhadap return on asset, dan total asset turn over berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on asset pada perusahaan sub sektor konstruksi dan pembangunan pada periode 2016 sampai 2020. Oleh karena itu, perusahaan dapat meningkatkan dan memperhatikan kinerja perusahaan agar dapat mengurangi kemungkinan perusahaan mengalami penurunan profitabilitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:18
Last Modified: 17 Apr 2023 02:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24902

Actions (login required)

View Item View Item