Pengaruh Ukuran Perusahaan, Current Ratio, Total Asset Turn Over (TATO), dan Leverage terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2021

Septiani, Aulia (2022) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Current Ratio, Total Asset Turn Over (TATO), dan Leverage terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MANAJEMEN_1802025197_AULIA SEPTIANI.pdf]
Preview
Text
FEB_MANAJEMEN_1802025197_AULIA SEPTIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh ukuran perusahaan, current ratio, total asset turn over (TATO), dan leverage terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2016-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Variabel yang diteliti adalah variabel independen terdiri dari Ukuran Perusahaan (X1) yang diukur menggunakan logaritma natural dari total aset, Current Ratio (X2) yang diukur menggunakan asset lancar dan hutang lancar, Total Asset Turn Over (X3) yang diukur menggunakan penjualan dibagi total asset, leverage (X4) yang diukur menggunakan Debt to Asset Ratio (DAR) dengan variabel dependen terdapat kinerja keuangan (Y) yang diukur menggunakan Return On Asset (ROA). Sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang diambil dari Bursa Efek Indonesia dan situs resmi perusahaan. Metode yang digunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini ialah regresi data panel dengan Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel total asset turn over (TATO) berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Sedangkan ukuran perusahaan, current ratio, dan leverage tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Dari 3 estimasi model yang digunakan yaitu Random Effect Model, Fixed Effect Model dan Common Effect Model ada satu model yang signifikan yang di uji dengan Uji Chow, Uji Hausman, dan Uji Lagrange Multiplier yaitu Random Effect Model.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:57
Last Modified: 17 Apr 2023 01:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24894

Actions (login required)

View Item View Item