Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas pada Sektor Industri Food and Beverage

Widya Anggraeni, Niken (2022) Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas pada Sektor Industri Food and Beverage. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_MANAJEMEN_1802025059_NIKEN WIDYA ANGGRAENI.pdf]
Preview
Text
FEB_MANAJEMEN_1802025059_NIKEN WIDYA ANGGRAENI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan pengaruh antara leverage, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada sektor food and beverage. Variabel yang diteliti adalah “ Leverage ( Debt Equity Ratio), Pertumbuhan Penjualan (Growth), Ukuran Perusahaan (Ln Asset), dan Profitabilitas (Return On Asset)” sebagai objek peubah dan “sektor food and beverage di Bursa Efek Indonesia dengan tahun periode 2016-2020” sebagai objek pengamatan. Penelitian. Data penelitian diperoleh dari web idx.co.id dan memperoleh data sebanyak 34 populasi dan 16 sampel penelitian, alat SPSS digunakan sebagai media pembantu untuk pengolahan data dengan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil pada penelitian ini menghasilkan bahwa secara parsial variabel leverage mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan variabel leverage, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 14 Apr 2023 04:30
Last Modified: 14 Apr 2023 04:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24803

Actions (login required)

View Item View Item