Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Penerapan Shariah Governance terhadap Keputusan Investasi pada Perbankan Syariah ( Studi Kasus Nasabah Bank Syariah Indonesia di DKI Jakarta)

Hilmatin, Angjy (2022) Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Penerapan Shariah Governance terhadap Keputusan Investasi pada Perbankan Syariah ( Studi Kasus Nasabah Bank Syariah Indonesia di DKI Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_EKONOMI ISLAM_1702055044_ANGJY HILMATIN -.pdf]
Preview
Text
FEB_EKONOMI ISLAM_1702055044_ANGJY HILMATIN -.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penyebab rendahnya tingkat literasi keuangan syariah adalah karena mayoritas penduduk muslim tidak dapat merasakan secara langsung dampak positif ekonomi dan keuangan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah dan penerapan shariah governance terhadap keputusan investasi pada perbankan syariah (Studi kasus nasabah Bank Syariah Indonesia di DKI Jakarta). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi dan sampel penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia yang ada di DKI Jakarta dengan jumlah 200 nasabah. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS-SEM) yang diolah dengan SMARTPLS versi 3.0. Hasil analisis data deskriptif pada penelitian ini mebuktikan bahwa variabel literasi keuangan diperoleh t-statistik 3.684 >1.96 dengan sampel original 0.24, nilai p-values 0.000 < 0.05 dan pada variabel shariah governance t-statistik 8.392 >1.96 dengan sampel original 0.641 dan nilai p-values 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa pengaruh literasi keuangan dan penerapan shariah governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi pada perbankan syariah, namun dapat dilihat dari hasil sampel original yang terkecil yaitu literasi keuangan syariah. Oleh karena itu, penelitian berharap para masyarakat atau nasabah Bank Syariah harus meningkatkan lagi literasi keuangan syariah dalam berinvestasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:30
Last Modified: 13 Apr 2023 07:30
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24691

Actions (login required)

View Item View Item