Pengaruh Tingkat Pendapatan, Pengetahuan Zakat, Kepercayaan, dan Pelayanan terhadap Ketaatan Membayar Zakat pada Baznas (Studi Kasus Masyarakat di Kota Bekasi)

Nisa, Hifzhatun (2022) Pengaruh Tingkat Pendapatan, Pengetahuan Zakat, Kepercayaan, dan Pelayanan terhadap Ketaatan Membayar Zakat pada Baznas (Studi Kasus Masyarakat di Kota Bekasi). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_EKONOMI ISLAM_1702055035_HIFZHATUN NISA -.pdf]
Preview
Text
FEB_EKONOMI ISLAM_1702055035_HIFZHATUN NISA -.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh tingkat pendapatan, pengetahuan zakat, kepercayaan, dan pelayanan terhadap ketaatan membayar zakat pada BAZNAS. Data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan sampel Nonprobability Sampling dengan Sampling kuota atau jumlah sampel sebanyak 100 orang. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Kota Bekasi. Data primer yang didapatkan dengan menggunakan kuesioner menggunakan google form yang disebar melalui aplikasi Whatsapp Messanger. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan software SPSS Statistic Version 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara Uji Parsial (Uji T) tingkat pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketaatan membayar zakat , pengetahuan zakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketaatan membayar zakat, kepercayaan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketaatan membayar zakat, dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketaatan membayar zakat. Sedangkan secara simultan (Uji F) tingkat pendapatan, pengetahuan zakat, kepercayaan, dan pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap ketaatan membayar zakat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:18
Last Modified: 13 Apr 2023 07:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24681

Actions (login required)

View Item View Item