Pengaruh Pendayagunaan Zakat Produktif dan Pelatihan Keterampilan Kerja terhadap Pemberdayaan Mustahik (Studi Kasus Laznas Yatim Mandiri Periode 2017-2020)

Krisyanto, Ferry (2021) Pengaruh Pendayagunaan Zakat Produktif dan Pelatihan Keterampilan Kerja terhadap Pemberdayaan Mustahik (Studi Kasus Laznas Yatim Mandiri Periode 2017-2020). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_EKONOMI ISLAM_1702055034_FERRY KRISYANTO.pdf]
Preview
Text
FEB_EKONOMI ISLAM_1702055034_FERRY KRISYANTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pendayagunaan zakat produktif dan pelatihan keterampilan kerja terhadap pemberdayaan mustahik pada LAZNAS Yatim Mandiri. Variabel yang diteliti adalah pendayagunaan zakat produktif sebagai variabel independen, pelatihan keterampilan kerja sebagai variabel independen dan pemberdayaan mustahik sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner yang diisi oleh mustahik Yatim Mandiri yang menerima bantuan dana zakat produktif dan pelatihan keterampilan kerja. Hasil penelitian menunjukan bukti bahwa setelah jawaban kuisioner tentang pendayagunaan zakat produktif, pelatihan keterampilan kerja dan pemberdayaan mustahik terkumpul dan dihitung menggunakan software SPSS 25, hasil penelitian menunjukan pendayagunaan zakat produktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemberdayaan mustahik pada LAZNAS Yatim Mandiri, sedangkan pelatihan keterampilan kerja tidak berpengaruh terhadap pemberdayaan mustahik pada LAZNAS Yatim Mandiri. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar mustahik tidak memiliki kemampuan dalam pelatihan yang dilakukan secara online baik dari kemampuan penggunaan aplikasi maupun keterbatasan akses karena tidak memiliki alat komuniitas yang memenuhi syarat aplikasi pertemuan online tersebut. Oleh sebab itu, disarankan kepada LAZNAS Yatim Mandiri untuk meningkatkan program pelatihan online agar pelatihan keterampilan kerja dapat berpengaruh terhadap peningkatan kelayakan hidup mustahik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 13 Apr 2023 06:53
Last Modified: 13 Apr 2023 06:53
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24674

Actions (login required)

View Item View Item