Analisis Kepuasaan Masyarakat Atas Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Wakaf Tunai di Masjid Wilayah Kota Depok pada Era Pandemi

Miranda, Zahra (2022) Analisis Kepuasaan Masyarakat Atas Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Wakaf Tunai di Masjid Wilayah Kota Depok pada Era Pandemi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_Ekonomi Islam_1602055012_Zahra Miranda.pdf]
Preview
Text
FEB_Ekonomi Islam_1602055012_Zahra Miranda.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi terhadap Kepuasan masyarakat dalam pengeloaan wakaf di masjid wilayah Kota Depok pada era pandemi. Kontribusi hasil penelitian dan pengelola wakaf di Masjid wilayah Kota Depok di era pandemi, era krisis masyarakat setempat berbondong-bondong untuk memberikan sebagian hartanya untuk di wakafkan untuk memberikan sebagian hanya diwakafkan sesuai dengan firman Allah SWT Dalil tentang wakaf sesuai dengan firman Allah SWT QS. Al-Baqarah : 261 “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh ) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebulir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang dia kehendaki dan Allah maha luas ( karunia-nya ) lagi maha mengetahui” Penelitian ini mengguanakan kuantitatif deskritif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, variabel independen (akuntabilitas dan transparansi) sedangkan variabel dependen (kepuasan). Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dimana metode pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebar dilingkup Kota Depok. Jumlah sampel yang datanya berhasil diolah yaitu sebanyak 100 orang. Hasil dari pengujian hipotesis dalam penelitian ini ditunjukkan nilai thitung (4,400) > ttabel (1,988) untuk variabel akuntabilitas dan untuk variabel transparansi nilai thitung (4,351) > ttabel (1,988). Sedangkan hasil uji F atau secara simultan variabel akuntabilitas dan transparansi ditunjukkan dengan nilai Fhitung (164,533) > Ftabel (3,09). Jadi hasil dari uji t dan uji F membuktikan baik secara parsial dan simultan variabel akuntabilitas dan transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat atas pengelolaan wakaf di masjid wilayah Kota Depok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 13 Apr 2023 06:37
Last Modified: 13 Apr 2023 06:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24667

Actions (login required)

View Item View Item