Sikap Subscribers Kanal Young Lex terhadap Video Klip “Lah Bodo Amat” di YouTube

Hardianti, Citra (2021) Sikap Subscribers Kanal Young Lex terhadap Video Klip “Lah Bodo Amat” di YouTube. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1306015028_ CITRA HARDIANTI.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1306015028_ CITRA HARDIANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

YouTube adalah salah satu penyedian layanan video terbesar saat ini dan memiliki fitur upload secara gratis. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Salah satu vlogger yang cukup fenomenal dan mendapat sorotan publik ialah Young Lex. Setelah cukup terkenal Young Lex mulai membuat beberapa lagu-lagu karyanya sendiri, dan baru tahun 2019, Young Lex mempunyai 2,28 juta subscribers, membuat suatu lagu yang sangat fenomenal yang balik lagi begitu pro dan kontra pada masyarakat yang berjudul “Lah Bodo Amat”. Perumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu “Bagaimana sikap subscribers kanal Young Lex terhadap video klip “Lah Bodo Amat” di YouTube”.
Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori kognitif. Kognitif (ability) adalah kemampuan yang dimiliki oleh manusia untuk mempertahankan dirinya, sedangkan ability kognitif lebih kepada kemampuan manusia yang menyangkut proses berpikir dalam manipulasi alam sekitar untuk mencapai tujuannya.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Populasi dalam penelitian adalah subscribers kanal YouTube Young Lex berjumlah 3.090.000 orang. Sampel yang didapat sebanyak 100 orang dengan metode pengambilan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner atau angket yang diberikan kepada responden, yaitu subscribers kanal YouTube Young Lex. Selanjutnya, penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas serta menganalisis datanya dengan statistik deskriptif.
Hasil penelitian yang didapat adalah dari hasil total skor perhitungan jawaban per item menunjukkan sikap subscribers kanal Young Lex terhadap video klip “Lah Bodo Amat” di YouTube dengan total skor 5.848. Berdasarkan hasil perhitungan dari keseluruhan tabel frekuensi diketahui bahwa sikap subscribers kanal Young Lex berada pada kategori netral cenderung negatif yaitu 63%. Sesuai dengan hasil penelitian ini menyatakan responden menganggap video klip “Lah Bodo Amat” di YouTube ada yang baik dan juga ada yang buruk. Yang berarti responden sebagian menyikapi dan tidak menyikapi adegan-adegan video klip “Lah Bodo Amat” yang mengandung unsur sarkasme.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 13 Apr 2023 06:29
Last Modified: 13 Apr 2023 06:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24662

Actions (login required)

View Item View Item