Penggunaan Media Sosial sebagai Upaya Membangun Citra Da’i di Kalangan Khalayak Remaja (Analisis Isi Kualitatif Terhadap Akun Instagram @hanan_attaki)

Estiana, Sofia Dewi (2018) Penggunaan Media Sosial sebagai Upaya Membangun Citra Da’i di Kalangan Khalayak Remaja (Analisis Isi Kualitatif Terhadap Akun Instagram @hanan_attaki). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_ESTIANA SOFIA DEWI_1406015041.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_ESTIANA SOFIA DEWI_1406015041.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dakwah bisa dilakukan melalui situs jejaring sosial seperti Instagram. Karena itu, pada era sekarang dengan penguasaan teknologi informasi yang baik, da’i bisa memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai salah satu sarana dakwah dan tidak hanya berdakwah di mimbar saja. Pada penelitian ini menggunakan teori citra. Peneliti mengkaji citra da’i yang dibangun oleh Ustadz Hanan Attaki melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif yang meneliti tujuh klasifikasi pesan non verbal, yaitu: Kinesics (Aktivitas Tubuh), Paralanguage (Vokalika), Penampilan Fisik, Haptics (sentuhan), Proxemic (ruang), Chonemic (waktu), Artefak (Objek kebendaan). Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, merupakan metode penelitian yang subyektif. Jenis pada penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran atas suatu kejadian sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap obyek yang diteliti. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan citra yang dibangun oleh Ustadz Hanan Attaki dalam penyampaian dakwahnya di kalangan khalayak remaja terlihat pada video di akun Instagram @hanan_attaki. Rekomendasi dari penelitian ini agar memberikan penjelasan dan pengetahuan mengenai penggambaran membangun citra da’i di kalangan khalayak remaja pada akun instagram @hanan_attaki. Juga memberikan contoh baru bagi penelitian dengan metode analisis isi kualitatif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:53
Last Modified: 13 Apr 2023 03:53
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24592

Actions (login required)

View Item View Item