Pemenuhan Kebutuhan Antar Pribadi dalam Pembentukan Konsep Diri dan Orientasi Seksual pada Anak-Anak dan Orang Dewasa (Analisis Isi Kualitatif Tokoh Dion, Gaza Dan Nayla dalam Film I Love You, Om)

Arnis, Filyan (2019) Pemenuhan Kebutuhan Antar Pribadi dalam Pembentukan Konsep Diri dan Orientasi Seksual pada Anak-Anak dan Orang Dewasa (Analisis Isi Kualitatif Tokoh Dion, Gaza Dan Nayla dalam Film I Love You, Om). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_ARNIS FILYANG_1406015017.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_ARNIS FILYANG_1406015017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Allah SWT menjelaskan dalam (QS. Ar-Rum : 21) “dan diantara tanda- tanda (kebesarannya)-Nya ialah dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh pada demikian itu benar- benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir”. Dalam konteks komunikasi antar pribadi, tanpa adanya orang lain dapat memberikan pengaruh bagi seseorang. Kebutuhan antar pribadi juga dapat menjadi faktor yang menentukan konsep diri dan pembentukan orientasi seksual seperti yang digambarkan dalam film I Love You, Om karya sutradara Widy Wijaya. Film ini menceritakan tentang cinta segitiga yang melibatkan seorang anak perempuan (Dion) yang mencintai laki-laki dewasa (Gaza) yang juga dicintai oleh seorang lesbian (Nayla). Penelitian ini menggunakan teori kebutuhan antar pribadi, yang didukung oleh teori konsep diri dan dramaturgi. Teori ini digunakan untuk menjelaskan bagaimana pemenuhan kebutuhan antarpribadi, konsep diri dan orientasi seksual dari ketiga tokoh dalam film tersebut. Metode yang digunakan adalah metode analisis isi kualitatif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi, studi pustaka dan wawancara Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya mengonstruksian pemenuhan kebutuhan antar pribadi, konsep diri dan orientasi seksual pada tokoh Dion dengan kecenderungan elektra kompleks, Gaza dengan kecenderungan pedofilia, dan Nayla seorang lesbian. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi pengonstruksian film ini yaitu faktor internal berasal dari sutradara yang terinspirasi dari kisah masa kecilnya dan faktor eksternal berasal dari pihak media yang tertantang untuk menyuguhkan film dengan kisah cinta yang tidak biasa dengan menambahkan bumbu-bumbu kontroversial di dalamnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:04
Last Modified: 13 Apr 2023 03:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24565

Actions (login required)

View Item View Item