Analisis Gaya Komunikasi Pemimpin Organisasi (Studi Kasus Pemimpin Laki-Laki dan Perempuan Pada Starbucks Premier Bintaro)

Sifa, Aji Tiaranti (2019) Analisis Gaya Komunikasi Pemimpin Organisasi (Studi Kasus Pemimpin Laki-Laki dan Perempuan Pada Starbucks Premier Bintaro). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_ SIFA AJI TIARANTI_1406015116.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_ SIFA AJI TIARANTI_1406015116.pdf

Download (846kB) | Preview

Abstract

Gaya komunikasi merupakan cara bagaimana berkomunikasi baik verbal dan non verbal meliputi cara memberi dan menerima informasi dalam situasi tertentu. Gaya komunikasi tidak dapat berlaku pada semua manusia secara sama, tetapi gaya komunikasi mencerminkan karakter dalam sebuah organisasi. Fokus penelitian ini adalah pada gaya komuniaksi pemimpin Starbucks Premier Bintaro yang dipimpin oleh Supervisor Gita Helpika dan Fandi Ahmad. Paradigma yang digunakan dalam penelitian adalah paradigma konstruktivisme. Paradigma ini digunakan untuk melihat bagaimana gaya komunikasi antara pemimpin laki-laki dan perempuan pada Sturbucks Premier Bintaro. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teori yang digunakan adalah teori empat sistem Likert. Teori komunikasi yang mengkaji hubungan antar manusia melalui hasil dari produksinya dilihat dari kacamata organisasi. Dalam gaya komunikasi pemimpin oragnisasi di Starbucks Premier Bintaro didapati hasil bahwa pada Supervisor Fandi Ahmad (key Informan) memiliki gaya komunikasi pemimpin sistem 2 Likert semi mutlak (Benevolent-Authorittative) serta gaya komunikasi pemimpin sistem 3 penasihat (Consultative). sedangkan Supervisor Gita memiliki gaya komunikasi kepemimpinan sistem 3 penasihat (Consultative) serta gaya Komunikasi Pemimpin sistem 4 Likert pengajak serta (participative). Kontribusi akademis, memberi pengetahuan tentang komunikasi organisasi dalam gaya komunikasi pemimpin organisasi. Kontribusi metodelogis, mengembangkan metode penelitian studi kasus. Kontribusi praktis, memberikan informasi serta pengetahuan kepada instansi atau perusahaan yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:22
Last Modified: 12 Apr 2023 07:22
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24478

Actions (login required)

View Item View Item