Strategi Kreatif FremantleMedia dalam Mempertahankan Eksistensi Program Komunikata Indonesia di GTV.

Muhammad, Farhan Febrianto (2019) Strategi Kreatif FremantleMedia dalam Mempertahankan Eksistensi Program Komunikata Indonesia di GTV. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_ MUHAMAD FARHAN FEBRIANTO_ 1406015075.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_ MUHAMAD FARHAN FEBRIANTO_ 1406015075.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Komunikata Indonesia adalah acara permainan kata yang akan menguji para peserta untuk saling beradu kemampuan dalam menebak sebuah kata berdasarkan petunjuk (clue) yang diberikan oleh teman satu tim nya. Salah satu program acara game show yang tayang di stasiun televisi GTV pada setiap hari Minggu pukul 13.30 WIB dipandu oleh host John Martin. Program ini mulai ditayangkan pada 26 Maret 2018. di GTV. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori informasi organisasi. Peneliti mengkaji sebuah komunikasi informasi, hal yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi. Penelitian ini menggunakan metode Studi kasus dengan cara meriset menggunakan sumber data (sebanyak mungkin) dari informan yang bisa digunakan untuk meneliti, menguraikan, dan menjelaskan secara komprehensif berbagasi aspek individu, kelompok, suatu program, organisasi atau persitiwa secara sistematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, merupakan metode penelitian yang subjektif. Paradigma penelitian ini adalah post positivisme dan jenis pada penelitian ini adalah deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, wawancara mendalam (depth interview), dan studi pustaka. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa FremantleMedia melakukan hal strategi kreatif dengan tiga tahap cara yakni; perencanaan program, eksekusi program, serta pengawasan dan evaluasi program. Dalam tahap perencanaan program, FremantleMedia membuat dan merancang ide, konsep dan tema disetiap episode Komunikata Indonesia. Kemudian ditahap eksekusi, FremantleMedia beserta GTV saling bertukar ide sebelum proses shooting berlangsung agar sesuai dengan konsep yang telah dibuat oleh semua tim. Lalu tahap akhir pengawasan dan evaluasi program, FremantleMedia melakukan evaluasi terhadap seluruh tim dan berpacu dengan hasil rating dan share ketika FremantleMedia harus mengetahui di episode manakah hasil rating dan share itu menurun, sehingga FremantleMedia harus memperbaiki kedepannya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:46
Last Modified: 12 Apr 2023 04:46
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24455

Actions (login required)

View Item View Item