Konstruksi Realitas Sosial Bullying (Perisakan) dalam Film “Sajen”

Muhammad, Bastian (2018) Konstruksi Realitas Sosial Bullying (Perisakan) dalam Film “Sajen”. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_ MUHAMAD BASTIAN_1406015074.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_ MUHAMAD BASTIAN_1406015074.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Film berperan sebagaia sarana baru yang digunakan untuk menyebarkan hiburan yang sudah menjadi kebiasaan terdahulu, serta menyajikan cerita peristiwa, musik, drama, lawak, dan sajian lainnya kepada masyarakat secara umum. Film juga digunakan sebagai media informasi dan edukasi untuk menambah wawasan dan nilai pada sebuah film. Pada penelitian ini menggunakan teori konstruksi realitas. Peneliti mengkaji realitas perisakan yang tergambar dalam film Sajen yang diproduksi oleh Starvision. Penelitian ini menggunakan metode Analisis isi kualitatif yang meneliti tiap gambar, dialog dan adegan yang menggambarkan perisakan dalam film Sajen, kemudian dikaitkan dengan teori konstruksi realitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, merupakan metode penelitian yang subjektif. Jenis pada penelitian ini adalah deskriptif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan konstruksi perisakan yang digambarkan dalam 14 adegan pada film Sajen (analisis isi terhadap film Sajen). Faktor internal yang mempengaruhi konstruksi perisakan di dalam film Sajen adalah Sutradara (Hanny R Saputra) karena dia yang menentukan semua adegan dan dialog di dalam film dan eksternal Starvision (Chand Parwez Servia) yang memberikan saran serta pengaruh dalam pembentukan konstruksi pada film tersebut. Penggambaran perisakan dalam film Sajen telah melalui 3 tahap, pertama tahap eksternalisasi pada penelitian ini adalah apa yang melatarbelakangi pembuatan film Sajen dan bagaimana bentuk perisakan digambarkan. Latar belakang film Sajen dibuat beradarasakan kegelisahan hati seorang sutradara terhadap maraknya pemberitaan kasus perisakan. Kedua, tahap Obyektivitasi yakni dalam penelitian ini adalah kebebasan sutradara dalam membentuk penggambaran perisakan di dalam film. Ketiga, tahap Internalisasi yakni dalam penelitian ini adalah proses dimana bentuk perisakan diidentifikasikan oleh sutradara dengan realitas yang sesungguhnya, sehingga penonton mengidentifikasikan bentuk perisakan didalam film sesuai dengan kenyataan yang terjadi di dunia nyata Tujuan dari penelitian ini agar memberikan penjelasan dan pengetahuan mengenai penggambaran berserta konstruksi perisakan dalam film Sajen kepada masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:27
Last Modified: 12 Apr 2023 04:27
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24449

Actions (login required)

View Item View Item