Hubungan Asupan Energi, Zat Gizi Makro, Serat, Ansietas, Riwayat Orang Tua Dan Aktivitas Fisik Dengan Obesitas Sentral pada Dewasa Awal di Kelurahan Kota Bambu Utara

Afifah, Nur (2020) Hubungan Asupan Energi, Zat Gizi Makro, Serat, Ansietas, Riwayat Orang Tua Dan Aktivitas Fisik Dengan Obesitas Sentral pada Dewasa Awal di Kelurahan Kota Bambu Utara. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GZ_1605025077_NUR AFIFAH.pdf]
Preview
Text
FIKES_GZ_1605025077_NUR AFIFAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Obesitas sentral diartikan sebagai penumpukan lemak yang terdapat dalam tubuh bagian perut. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar Obesitas sentral di Indonesia maupun di Jakarta mengalami kenaikan data yang signifikan. Tujuan utama penelitian ini adalah Hubungan Asupan Energi, Zat Gizi Makro, Asupan Serat, Ansietas, Riwayat Orang Tua dam Aktivitas fisik, dengan Obesitas Sentral pada Dewasa Awal. Desain peneltian ini merupakan kantitatif dengan pendekatan cross-sectional yang merupakan cara pengumpulan data variable dependent dan independen dalam waktu yang bersamaan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 90 sampel dengan menggnakan teknik Simple Random Sampling (SRS) dan menggunakan uji pearson dan spearman. Hasil uji statistik yang mempunyai hubungan signifikan dengan obesitas sentral yaitu asupan protein (p=0,009), lemak (p=0,012), ansietas (p=0,002) dan riwayat orang tua (rlpp pada ayah p=0,036 dan rlpp pada ibu p=0,005), sedangkan yang tidak mempunyai hubungan signifikan dengan obesitas sentral yaitu, asupan energi (p=0,17), karbohidrat (p=0,009), serat (p=0,462), dan aktivitas fisik(p=0,89). Dapat disimpulkan bahwa di kelurahan Kota Bambu Utara memiliki asupan energi cukup, asupan protein lebih, asupan lemak cukup, asupan karbohidrat cukup, serat kurang, riwayat orangtua mengalami obesitas sentral dan aktivitas fisik ringan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Obesitas Sentral, Asupan Energi, Asupan Makro, Ansietas, dan Aktivitas Fisik, Hubungan Asupan
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:58
Last Modified: 11 Apr 2023 03:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24214

Actions (login required)

View Item View Item