Hubungan Kebiasaan Sarapan, Asupan Zat Gizi Makro Dan Minuman Berkalori Dengan Status Gizi Dan Persen Lemak Tubuh Pada Wanita Usia Dewasa Awal Di Rw 01 Kelurahan Kota Bambu Utara

Oktaviani, Rini (2020) Hubungan Kebiasaan Sarapan, Asupan Zat Gizi Makro Dan Minuman Berkalori Dengan Status Gizi Dan Persen Lemak Tubuh Pada Wanita Usia Dewasa Awal Di Rw 01 Kelurahan Kota Bambu Utara. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GZ_1605025074_RINI OKTAVIANI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GZ_1605025074_RINI OKTAVIANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah berat badan lebih (overweight) dan obesitas menjadi suatu masalah gizi yang sedang dihadapi dunia, baik di negara maju maupun negara berkembang. Para wanita dan pria dengan berat badan normal namun persen lemak tubuhnya tinggi, akan mengalami proses inflamasi yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan para wanita dan pria dengan berat badan normal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Kebiasaan Sarapan, Asupan Zat Gizi Makro dan Minuman Berkalori dengan Status gizi dan Persen Lemak Tubuh pada Wanita usia dewasa awal di Kelurahan Kota Bambu Utara. Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah di bulan September 2020, sampel penelitian sebanyak 90 orang, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, untuk data asupan makan menggunakan kuesioner Food Recall dan untuk data Asupan Minuman Berkalori menggunakan kuesioner SQ-FFQ, sedangkan untuk data kebiasaan sarapan menggunakan kuesioner. Asupan lemak berhubungan dengan status gizi dengan nilai (p= 0.001), sedangkan asupan energi, protein, lemak, dan asupan minuman berkalori, dan kebiasaan sarapan tidak berhubungan dengan status gizi (p > 0.005). selain itu juga asupan lemak dan kebiasaan sarapan berhubungan dengan persen lemak tubuh (p<0.005) sedangkan asupan energi, protein, karbohidrat, dan asupan minuman berkalori tidak berhubungan dengan persen lemak tubuh. (p>0.005).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Status Gizi, Kebiasaan Sarapan, Asupan, Minuman Berkalori, Persen Lemak Tubuh
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:54
Last Modified: 11 Apr 2023 03:54
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24209

Actions (login required)

View Item View Item