Representasi Self Disclosure Pada Wanita (Analisis Isi Kualitatif dalam Serial Drama My ID is Gangnam Beauty)

Fetnalita, Anis (2020) Representasi Self Disclosure Pada Wanita (Analisis Isi Kualitatif dalam Serial Drama My ID is Gangnam Beauty). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1306015013 _ ANIS FETNALITA.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1306015013 _ ANIS FETNALITA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Self disclosure adalah suatu tahap atau proses pengungkapan informasi yang sifatnya pribadi kepada orang lain dan juga sebaliknya. Kang Mi Rae yang dalam kesehariannya selalu dibully oleh teman – temannya, akhirnya meyakinkan dirinya untuk melakukan operasi plastik. Fokus penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisis representasi self disclosure pada wanita dalam sebuah serial drama Korea.
Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruksitivisme yang kemudian akan peneliti analisis dan dikaitkan dengan teori. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teori privasi komunikasi oleh Petronio dan teori johari window oleh Luft dan Inghnam. Kedua teori ini kemudian dihubungkan untuk menganalisis bagaimana self disclosure atau keterbukaan diri dapat terjadi melalui beberapa tahapan.
Teori privasi komunikasi yang memiliki asumsi mengenai informasi privat dan batasan privat selaras dengan pembukaan diri melalui jendela johari window. Saat jendela satu terbuka luas pasti ada jendela yang tersembunyi, pada bagian jendela itulah Kang Mi Rae membatasi informasi privat nya untuk tidak diketahui oleh orang lain selain orang – orang yang dianggapnya dekat.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa, self disclosure dapat terjadi jika seorang individu merasa adanya kedekatan melalui proses keterbukaan diri, social control dan topik yang akan dibahas merupakan suatu hal penting dalam proses pembukaan diri seseorang. Rekomendasi penelitian ini berupaya untuk menjadi sebuah acuan bagi peneliti lainnya yang akan membahas mengenai self disclosure khususnya pembukaan diri individu baik melalui media atau realita yang ada. Melalui serial drama Korea My ID is Gangnam Beauty, peneliti dan penikmat drama Korea/ hiburan sejenis agar terus meningkatkan self-awareness pada diri masing – masing di lingkungan sosialnya.
Kata Kunci: Self Disclosure, Operasi Plastik, Serial Drama Korea

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:24
Last Modified: 11 Apr 2023 03:24
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24194

Actions (login required)

View Item View Item