Hubungan Penerimaan Keluarga dengan Kepatuhan Gluten Free Diet, Casein Free Diet, dan Sugar Free Diet Pada Anak Autis Di Sekolah Khusus Al-Ihsan Kota Tangerang Selatan

Pratiwi, Anggraeni Aulya (2020) Hubungan Penerimaan Keluarga dengan Kepatuhan Gluten Free Diet, Casein Free Diet, dan Sugar Free Diet Pada Anak Autis Di Sekolah Khusus Al-Ihsan Kota Tangerang Selatan. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GZ_1505025020_ANGGRAENI AULYA PRATIWI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GZ_1505025020_ANGGRAENI AULYA PRATIWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Prevalensi autisme telah meningkat dari tahun ke tahun di seluruh dunia. Anak autis memiliki risiko lebih tinggi terjadi gangguan fisik, mental, dan intelektual. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa anak autis mungkin memiliki kepatuhan diet yang berbedabeda. Dengan dukungan dari keluarga, guru, dan masyarakat serta pola konsumsi yang tepat, anak autis dapat menjalani kepatuhan diet yang maksimum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Hubungan Penerimaan Keluarga dengan Kepatuhan Gluten Free Diet, Casein Free Diet, dan Sugar Free Diet Pada Anak Autis Di Sekolah Khusus Al-Ihsan Kota Tangerang Selatan. Rancangan penelitian adalah cross sectional dengan 30 responden dan menggunakan uji analisis chi-square. Hasil penelitian, dari 30 anak autis ditemukan sebesar 46,7% berat badan lebih. Kepatuhan diet pasien berada pada kategor tidak patuh (100%). Tidak ada hubungan yang bermakna antara penerimaan keluarga dengan kepatuhan gluten free diet, casein free diet, dan sugar free diet pada anak autis (p value = 0,606). Tidak ada hubungan bermakna antara pola konsumsi gluten dengan penerimaan keluarga (p value = 1,000), tidak ada hubungan bermakna antara pola konsumsi kasein dengan penerimaan keluarga (p value = 0,999), tidak ada hubungan bermakna antara pola konsumsi gluten dengan penerimaan keluarga (p value = 0,660). Terdapat hubungan bermakna antara pola konsumsi gluten dengan kepatuhan gluten free diet, casein free diet, dan sugar free diet (p value = 0,000), Terdapat hubungan bermakna antara pola konsumsi gluten dengan kepatuhan gluten free diet, casein free diet, dan sugar free diet (p value = 0,027), Tidak hubungan bermakna antara pola konsumsi gula dengan kepatuhan gluten free diet, casein free diet, dan sugar free diet (p value = 0,167). Penulis menyarankan bagi orang tua menerapkan pola konsumsi yang sehat bagi anak autis seperti makan dengan beraneka ragam warna dan variasi makanan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: autisme, pola konsumsi, penerimaan keluarga, kepatuhan diet gfcfsf
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:13
Last Modified: 10 Apr 2023 07:13
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24108

Actions (login required)

View Item View Item