Hubungan Pengetahuan Gizi, Status Gizi dan Tingkat Pemahaman dengan Perilaku Membaca Label Gizi pada Mahasiswa Prodi Ilmu Gizi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Akhfa, Alfi Nur (2020) Hubungan Pengetahuan Gizi, Status Gizi dan Tingkat Pemahaman dengan Perilaku Membaca Label Gizi pada Mahasiswa Prodi Ilmu Gizi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GZ_1505025014_ALFI NUR AKHFA.pdf]
Preview
Text
FIKES_GZ_1505025014_ALFI NUR AKHFA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku membaca label gizi merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh konsumen untuk mengetahui informasi yang terdapat dalam produk kemasan makanan tersebut. Membaca label gizi diperlukannya pengetahuan agar mendapatkan informasi yang benar dari produk kemasan tersebut. Adanya factor yang mempengaruhi konsumen tidak membaca label gizi yaitu kurangnya pemahaman mengenai label gizi, serta pengaruh status gizi konsumen yang memiliki IMT >25 kg/m² menunjukkan kurangnya perilaku untuk membaca label gizi karena lebih fokus pada produk makanannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan pengetahuan gizi, status gizi, dan tingkat pemahaman dengan perilaku membaca label gizi pada mahasiswa fakultas ilmu-ilmu kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan jumlah sampel 133 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik quota sampling. Data perilaku membaca label gizi, pengetahuan gizi dan tingkat pemahaman menggunakan kuesioner dan status gizi menggunakan pengukuran antropometri. Hasil analisis Chi-Square menunjukkan bahwa ada hubungan antar pengetahuan gizi dengan perilaku membaca label gizi (p value 0,000), ada hubungan status gizi dengan perilaku membaca label gizi (p value 0,034) dan ada hubungan tingkat pemahaman dengan perilaku membaca label gizi (p value 0,000). Diperlukan penelitian lanjutan untuk mengkaji faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku membaca label gizi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Label Gizi, Perilaku Membaca, Pengetahuan Gizi, Status Gizi, Tingkat Pemahaman
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:41
Last Modified: 10 Apr 2023 06:41
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24105

Actions (login required)

View Item View Item