Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Konsumsi Buah dan Sayur Pada Mahasiswa Gizi UHAMKA Limau Jakarta Selatan Tahun 2020

Moussomeh, Jultinnove Dia (2020) Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Konsumsi Buah dan Sayur Pada Mahasiswa Gizi UHAMKA Limau Jakarta Selatan Tahun 2020. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GZ_1605025005_JULTINNOVE DIA MOUSSOMEH.pdf]
Preview
Text
FIKES_GZ_1605025005_JULTINNOVE DIA MOUSSOMEH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya konsumsi buah dan sayur pada remaja dapat mengakibatkan berbagai penyakit tidak menular dan juga infeksi karena lemahnya sistem imun tubuh. Konsumsi buah dan sayur pada remaja masih belum memenuhi anjuran Pedoman Gizi Seimbang yaitu konsumsi 2-3 porsi buah per hari dan 3-4 porsi sayur per hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan konsumsi buah dan sayur pada Mahasiswa Gizi UHAMKA Limau Jakarta Selatan tahun 2020. Metode yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner melalui Google Form dan wawancara FFQ melalui telepon Whatsapp. Dilaksanakan pada September-Oktober 2020. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 160 mahasiswa Gizi UHAMKA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 68,8% mahasiswa kurang mengonsumsi buah dan 71,9% kurang megonsumsi sayur. Berdasarkan hasil analisis bivariat menggunakan uji chi-square yaitu pada variabel pengetahuan dengan konsumsi buah dan sayur, sikap dengan konsumsi sayur, preferensi/kesukaan dengan konsumsi buah dan sayur, serta media massa dengan konsumsi buah dan sayur menyatakan tidak ada hubungan yang signifikan dengan p>0,05. Sedangkan pada variabel sikap dengan konsumsi buah, serta ketersediaan buah dan sayur di rumah dengan konsumsi buah dan sayur menyatakan terdapat hubungan signifikan dengan p<0,05. Saran bagi mahasiswa diharapkan dapat memperbaiki perilaku konsumsi buah dan sayur agar sesuai dengan anjuran Tumpeng Gizi Seimbang yaitu konsumsi buah 2-3 porsi per hari dan sayur 3-4 porsi per hari dan untuk himpunan mahasiswa diharapkan dapat mengadakan kegiatan aplikasi mengenai konsumsi buah dan sayur seperti program gemar makan buah dan sayur yang telah dirancang oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: konsumsi buah, konsumsi sayur, mahasiswa gizi
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 08 Apr 2023 08:10
Last Modified: 08 Apr 2023 08:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23835

Actions (login required)

View Item View Item