Hubungan Konsumsi Makanan Ringan, Konsumsi Minuman Berpemanis dan Aktivitas Fisik Dengan Status Gizi Remaja di SMA Hang Tuah 1 Jakarta

Rahmawati, Auliana (2020) Hubungan Konsumsi Makanan Ringan, Konsumsi Minuman Berpemanis dan Aktivitas Fisik Dengan Status Gizi Remaja di SMA Hang Tuah 1 Jakarta. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GZ_1505025165_AULIANA RAHMAWATI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GZ_1505025165_AULIANA RAHMAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dan sedang menghadapi masalah tentang pangan, gizi dan kesehatan. Masalah status gizi pada remaja disebabkan oleh ketidakseimbangan antara asupan dengan kebutuhan pada remaja. Hal ini menimbulkan masalah baik gizi kurang ataupun gizi lebih. Gizi lebih dapat didefinisikan sebagai akumulasi lemak abnormal atau berlebihan sehingga dapat mengganggu kesehatan. Penyebabnya adalah ketidakseimbangan antara asupan energi, konsumsi makanan ringan, dan minuman berpemanis dan tidak diimbangi dengan pengeluaran energi yang seimbang (dengan melakukan aktivitas fisik). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan konsumsi makanan ringan, minuman berpemanis dan aktivitas fisik dengan status gizi remaja usia 15-18 tahun di SMA Hang Tuah 1 Jakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang berjumlah 90 sampel, yang diambil dengan teknik propotionate stratifed random sampling. Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional di laksanakan pada bulan Januari-Februari 2020. Data yang diambil karakteristik responden (jenis kelamin, usia, uang saku) karakeristik orang tua (pendidikan dan pekerjaan orang tua), Data konsumsi makanan ringan, konsumsi minuman berpemanis yang diambil melalui Food Recall 1x24 jam dan Data Aktivitas Fisik yang diambil melalui Recall Aktivita PAL 1x24 jam. Analisis data menggunakan Uji Chi-Square. Hasil uji statistik chi-square menunjukkan terdapat hubungan antara makanan ringan (p<0,05) dan aktivitas fisik (p<0,05) dengan status gizi dan tidak terdapat hubungan antara minuman berpemanis (p>0,05) dengan status gizi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: status gizi, konsumsi makanan ringan, konsumsi minuman berpemanis, aktivitas fisik dan remaja
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 08 Apr 2023 07:28
Last Modified: 08 Apr 2023 07:28
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23816

Actions (login required)

View Item View Item