Hubungan Mutu Hidangan Dengan Asupan Makan Terhadap Status Gizi Siswa di Pondok Pesantren Al-Hamidiyah Sawangan, Depok 2019

Majid, Suhesti (2020) Hubungan Mutu Hidangan Dengan Asupan Makan Terhadap Status Gizi Siswa di Pondok Pesantren Al-Hamidiyah Sawangan, Depok 2019. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GZ_1505025153_SUHESTI MAJID.pdf]
Preview
Text
FIKES_GZ_1505025153_SUHESTI MAJID.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah gizi remaja perlu mendapatkan perhatian khusus karena berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh, terutama pada anak-anak yang tinggal di asrama memiliki resiko lebih tinggi mengalami masalah gizi dibandingkan dengan yang tidak tinggal di asrama karna kemungkinan adanya kendala keuangan dalam menyediakan fasilitas asrama atau asupan makan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi mutu penyelenggaraan dan asupan makanan terhadap status gizi siswa di Pondok Pesantren Al-Hamidiyah Sawangan, Depok. Rancangan penelitian ini adalah cross sectional dengan 128 responden menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ditemukan lebih banyak siswa yang berstatus gizi normal yaitu 116 orang. Terdapat Hubungan antara mutu makanan dengan asupan energi, sedangkan pada uji hubungan mutu makanan dengan asupan protein, lemak dan karbohidrat tidak terdapat hubungan. Tidak terdapat hubungan antara asupan energi, protein, lemak dan karbohidrat dengan status gizi. Simpulan dan saran penelitian ini adalah terdapat hubungan antara mutu makanan dengan asupan energi. Saran untuk pihak pesantren perlu diadakan evaluasi minimal sebulan sekali terhadap menu makanan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: mutu makanan, asupan makan dan status gizi
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 08 Apr 2023 06:54
Last Modified: 08 Apr 2023 06:54
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23803

Actions (login required)

View Item View Item