Efektivitas Teknik Role Play untuk Mengembangkan Self Esteem Peserta Didik (Studi Eksperimen Kuasi terhadap Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 15 Jakarta Tahun Ajaran 2012/2013)

Nuraini, Nuraini (2013) Efektivitas Teknik Role Play untuk Mengembangkan Self Esteem Peserta Didik (Studi Eksperimen Kuasi terhadap Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 15 Jakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Masters thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

[thumbnail of thesis] Text (thesis)
THESIS NURAINI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Nuraini. (2013). Efektivitas Teknik Role-Play untuk Mengembangkan Self-Esteem
Peserta Didik (Studi Eksperimen Kuasi Terhadap Peserta Didik Kelas X Negeri 15
Jakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Pembimbing I: Prof. Dr. Uman Suherman AS,
M. Pd, Pembimbing II: Dr. Ilfiandra, M.Pd.
Penelitian bertujuan menguji efektivitas teknik role-play dalam mengembangkan
self-esteem peserta didik. Metode penelitian menggunakan eksperimen kuasi
dengan desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group design dan
menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan
menggunakan angket self-esteem. Partisipan penelitian berjumlah 14 orang (11
peserta didik laki-laki dan 3 perempuan) pada masing-masing kelompok
eksperimen dan kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) self-esteem peserta didik berada pada
kategori sedang; (2) rumusan program intervensi teknik role-play difokuskan untuk
untuk mengembangkan self-esteem peserta didik yang berada pada kategori rendah
dan memelihara aspek self-esteem lainnya; dan (3) teknik role-play yang diterapkan
dalam rancangan program bimbingan kelompok secara spesifik efektif
mengembangkan aspek self-esteem peserta didik, kecuali indikator Adanya
keikutsertaan dalam kegiatan di lingkungan sekitar pada aspek Keberartian.
Rekomendasi hasil penelitian ditujukan kepada guru Bimbingan dan Konseling,
kepala sekolah, serta peneliti selanjutnya. Guru Bimbingan dan konseling
mengembangkan self-esteem peserta didik dengan membantu mereka untuk dapat:
(1) menerima dan mencintai diri sendiri; (2) mengevaluasi diri secara objektif
(menyadari kelebihan dan kekurangan diri); (3) mengembangkan potensi yang
dimiliki; serta (4) meningkatkan prestasi dan mengembangkan coping skill. Kepala
sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam
optimalisasi kegiatan layanan Bimbingan dan Konseling bagi peserta didik. Peneliti
selanjutnya dapat menggunakan teknik selain role-play seperti sosiodrama dan
permainan simulasi, atau teknik lain yang dianggap cocok untuk mengembangkan
self-esteem peserta didik, serta dapat menggunakan alat pengumpulan data selain
angket untuk memperoleh data yang lebih mendalam.
Kata Kunci: Efektivitas, Teknik Role-Play, Self- Esteem

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: M.Pd Nuraini NurainiFKIP
Date Deposited: 13 Apr 2023 09:13
Last Modified: 13 Apr 2023 09:13
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23787

Actions (login required)

View Item View Item