Laporan Penelitian Alumni

Sri Yuliawati, Sri Yuliawati Laporan Penelitian Alumni. Universitas Muhammadiyah PROF. DR. UHAMKA. (Unpublished)

[thumbnail of laporan penelitian Alumni ,.pdf]
Preview
Text
laporan penelitian Alumni ,.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sri Yuliawati. NIP196007021983032001. Kepuasan Alumni Terhadap Kualitas Layanan Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Uhamka. Hasil Penelitian. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena secara empiris tentang “Tanggapan Alumni Terhadap Kualitas layanan Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Uhamka”. Hal ini dimaksudkan agar dapat mengelaborasi upaya-upaya yang dapat dilakukan Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Uhamka dalam mengantisipasi dan mengatasi kendala dan hambatan yang dirasakan oleh mahasiswa.
Metode penelitian yang digunakan metode survai karena pengumpulan data dilakukan secara empiris dengan melakukan observasi, wawancara dan penyebaran angket kepada para alumni yang menjadi responden.
Pengumpulan data dilakukan selama 2 bulan yaitu dari bulan Januari sampai bulan Februari 2019. Dari data dokumen, hasil pengamatan serta wawancara yang dilakukan pada waktu berada di lapangan, maka dapat dijelaskan bahwa kualitas layanan yang diberikan oleh Program Studi sangat terkesan di hati para alumni sehingga hal ini dapat juga dijadikan sebagai ajang promosi Program Studi ke depannya.
Data yang dianalisis terdiri atas tiga aspek yaitu: (1) Tanggapan alumni terhadap kualitas layanan komponen penyelenggara dan pendukung yang meliputi: (a) “Pimpinan terdiri atas: Sekretaris Program Studi, Ketua Program Studi dan Direktur Sekolah Pascasarjana Uhamka, (b) Dosen, (c) Tenaga Kependidikan /Karyawan, (d) Sarana dan Prasarana. (2) Tanggapan alumni terhadap dampak pribadi dari proses pendidikan di Sekolah Pascasarjana Uhamka. (3) Lain-lain.
Berdasarkan analisis data menunjukkan hasil sebagai berikut:
(1) Tanggapan alumni terhadap kualitas layanan komponen penyelenggara dan pendukung yang meliputi: (a) “Pimpinan terdiri atas: Sekretaris Program Studi, Ketua Program Studi dan Direktur Sekolah Pascasarjana Uhamka diperoleh skor rata-rata =4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alumni merasa puas terhadap pelayanan kinerja para pimpinan Uhamka, khususnya pimpinan di Sekolah Pascasarjana. (b) Kualitas layanan Dosen diperoleh skor rata-rata=4,36. Berarti alumni merasa puas terhadap pelayanan dosen, baik dosen pengampu mata kuliah, dosen penasihat akademik maupun dosen pembimbing tesis. (c) Tenaga Kependidikan /Karyawan diperoleh skor rata-rata = 4 (Memuaskan). Berarti alumni merasa puas dengan layanan tenaga kependidikan/karyawan. (d) Sarana dan Prasarana diperoleh skor rata-rata= 4,125. Berarti alumni merasa bahwa sarana dan prasarana Sekolah Pascasarana Uhamka memuaskan baginya.
(2) Tanggapan alumni terhadap dampak pribadi dari proses pendidikan di Sekolah Pascasarjana Uhamka diperoleh skor rata-rata =4,25 (Memuaskan). Berarti alumni merasa bahwa dampak proses pendidiksn di Uhamka Sangat Tinggi.
(3) Lain-lain terdiri atas 4 pernyataan yaitu: (a) Dari hasil jawaban responden dapat diketahui bahwa hanya sebagian mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Uhamka selama 4 semester atau tepat waktu (42%). Sebagian masih dalam penyusunan proposal, penyusunan tesis (54%) dan 4 % mahasiswa pasif. (b) Para alumni berpendapat bahwa masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus tidak bermasalah karena para alumni sebagian besar sudah bekerja sebelum mereka melanjutkan di Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Uhamka. Sebagian mendapatkan posisi lebih tinggi setelah studi lanjut di Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Uhamka. Sebagian yang belum bekerja ketika studi lanjut, ternyata setelah studi lanjut di SPs. Uhamka mendapatkan pekerjaan sebagai guru honorer, dosen honorer, bahkan ada sebagian yang lulus PNS. (c) 95% para alumni bekerja sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni di Uhamka, hanya sebagian kecil (5%) para alumni yang bekerja kurang sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni di Uhamka dan (d) sebagian alumni mengalami kenaikan gaji atau penghasilan setelah lulus dari Sekolah Pascasarjana Uhamka dengan kenaikan gaji rata-rata sebesar Rp 2.000.000,00 sampai Rp 2.500.000,00

Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Alumni, Program Studi PEP SPs. Uhamka.

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Depositing User: Sri Yuliawati
Date Deposited: 22 Aug 2020 15:03
Last Modified: 22 Aug 2020 15:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/2369

Actions (login required)

View Item View Item