Studi Etnografi Komunikasi Penggunaan Bahasa Verbal Pada Komunitas Ojek Online ( Komunitas Gojek Jakarta Selatan)

Alfitransyah, Alfitransyah (2019) Studi Etnografi Komunikasi Penggunaan Bahasa Verbal Pada Komunitas Ojek Online ( Komunitas Gojek Jakarta Selatan). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1506015011_ ALFITRANSYAH.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1506015011_ ALFITRANSYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunitas ojek online adalah komunitas yang terbentuk karena adanya rasa
kebersamaan antara para pengemudi ojek online. Rasa kebersamaan ini muncul
dalam obrolan sehari-hari. Hal ini lah yang melatarbelakangi munculnya bahasa.
Komunitas ojek online ini memiliki bahasa yang hanya dimengerti oleh mereka.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagiamana bentuk – bentuk, pola
pembentukan serta penggunaan bahasa verbal yang ada pada komunitas ojek online
ini.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Fokus penelitiannya
adalah komunitas. Teori yang digunakan adalah speech code theory. Teori ini
berusaha menjawab tentang keberadaan kode berbicara dalam komunitas ojek
online yang memiliki ciri khas yang membedakannya dengan kelompok lain.
Pendekatan penelitian adalah kualitatif, jenis penelitian deskriptif dan
menggunakan metode etnografi komunikasi. Teknik pengumpulan data observasi
partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas ojek online dalam
obrolan sehari-hari memiliki bahasa komunitas yang hanya dipahami oleh sesama
pengemudi ojek online. Hal ini mempermudah untuk berkomunikasi, sehingga
menjadi efektif. Bahasa itu sering digunakan dan bertahan selama komunitas itu
masih ada. Dalam membuat bahasa, komunitas ojek online membuatnya dengan
bermakna kreatif, inovatif, dan mempunyai nilai motivasi.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi perkembangan
ilmu komunikasi terutama mengenai bagaimana sebuah komunitas memiliki
bahasa dan budaya sendiri, diharapkan berguna bagi para pengemudi dan
penumpang ojek online agar tidak terjadi kesalahpahaman.
Kata kunci : Etnografi komunikasi, Komunitas Ojek Online, Bahasa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:10
Last Modified: 06 Apr 2023 04:10
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23459

Actions (login required)

View Item View Item