(JLK - S3) - Afandi, Hasan, Rizki, Pratiwi, Halim [2022-11-20]

Hasan, Firman Noor (2022) (JLK - S3) - Afandi, Hasan, Rizki, Pratiwi, Halim [2022-11-20]. JLK: Jurnal Linguistik Komputasional, 5 (2). pp. 63-70. ISSN 2621-9336

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
1. Cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of Editorial Team]
Preview
Text (Editorial Team)
2. Editorial Team.pdf

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi]
Preview
Text (Daftar Isi)
3. Daftar Isi.pdf

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
4. Artikel.pdf

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Similiarity]
Preview
Text (Hasil Cek Similiarity)
5. Bukti hasil uji kemiripan TURNITIN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://inacl.id/journal/index.php/jlk/article/vie...

Abstract

Peningkatan jumlah transaksi pada berbagai platform e-commerce mempunyai implikasi terhadap peningkatan penggunaan jasa ekspedisi. Salah satu perusahaan jasa ekspedisi yang ada di Indonesia yaitu anteraja, dimana perusahaan tersebut harus bisa memiliki inovasi untuk mempunyai hubungan serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi penggunanya. Saat ini banyak pengguna layanan anteraja mempunyai pendapat yang beragam terhadap layanan mereka pada media sosial twitter. Penelitian ini menerapkan teknik sentiment analysis untuk membantu mengevaluasi, menganalisis, menilai, serta mengetahui sikap masyarakat terhadap pelayanan Anteraja. Metode untuk mengkategorikan sentimen yang digunakan oleh peneliti yaitu menerapkan algoritma naive bayes yang mempunyai akurasi tinggi, serta prosesnya sederhana dan cepat. Peneliti juga menggunakan bantuan perangkat lunak python untuk proses pengambilan dataset pada twitter serta rapidminner studio untuk pengolahan data serta penerapan algoritma. Hasil dari proses pengolahan data yang dilakukan oleh peneliti didapatkan dari 1180 data, jumlah kategori yang paling banyak yaitu kategori sentimen positif sebesar 638 lalu kategori sentimen negatif sebesar 493 sedangkan paling sedikit yaitu kategori sentimen netral sebanyak 49. Hal ini menunjukkan dari 1180 data bahwa banyak masyarakat yang menyukai pelayanan yang diberikan oleh jasa ekspedisi Anteraja, namun tidak sedikit masyarakat yang masih kurang puas terhadap pelayan yang diberikan. Nilai akurasi penerapan algoritma naive bayes dalam penelitian ini diperoleh persentase sebesar 85.06% yang menunjukkan bahwa data tersebut dapat digunakan sebagai dasar bagi perusahaan untuk pertimbangan pengambilan keputusan.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Noor Hasan
Date Deposited: 13 Apr 2023 09:04
Last Modified: 13 Apr 2023 09:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23432

Actions (login required)

View Item View Item