Membongkar Posisi Perempuan dalam Pemberitaan Politik (Analisis Wacana Kritis Sara Mills dalam Magdalene.co)

Kurniawati, Kurniawati (2019) Membongkar Posisi Perempuan dalam Pemberitaan Politik (Analisis Wacana Kritis Sara Mills dalam Magdalene.co). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1506015097_ KURNIAWATI.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1506015097_ KURNIAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Posisi perempuan dalam pemberitaan di media mainstream masih seringkali dijadikan sebagai subjek, berangkat dari permasalahan tersebut peneliti mencurigai adanya hegemoni dan ideologi yang memengaruhi setiap wacana. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana perempuan diposisikan dalam pemberitaan politik Magdalene.co serta membongkar apa saja faktor-faktor yang memengaruhi dilihat dari analisis teks, kognisi sosial, serta untuk mengungkap praktik ideologi feminisme yang melatarbelakangi pemosisian perempuan dalam pemberitaan politik di Magdalene.co.
Paradigma dalam penelitian ini adalah paradigma kritis. Sebuah konsep dasar berpikir yang melakukan penyadaran kritis masyarakat terhadap sistem dan struktur sosial yang cenderung “mendehumanisasi” atau membunuh nilai-nilai kemanusiaan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, dan metode analisis wacana kritis Sara Mills. Teori yang digunakan adalah teori Stand Point atau teori Sudut Pandang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan posisi perempuan dalam setiap pemberitaan politik yang diterbitkan oleh Magdalene.co adalah sebagai objek. Perempuan dapat menampilkan dirinya sendiri dan menyuarakan pendapatnya tanpa diwakili pihak lain. Praktik ideologi feminisme menjadi faktor yang melatarbelakangi setiap tulisan yang ada, terlihat dari bagaimana Magdalene.co memosisikan perempuan, menuliskan tulisan yang memerjuangkan hak perempuan, dan adanya makna untuk melawan budaya patriarki disetiap tulisan yang diterbitkan.
Kontribusi penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang bagaimana kekuasaan dan latar belakang petinggi perusahaan sebuah media dapat memengaruhi setiap tulisan yang diterbitkan. Tidak hanya itu, penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah penelitian di program studi ilmu komunikasi FISIP UHAMKA. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk dan teori kelompok bungkam.
Kata Kunci : Posisi Perempuan, Ideologi Feminisme, Analisis Wacana Kritis Sara Mills

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:25
Last Modified: 05 Apr 2023 04:25
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23393

Actions (login required)

View Item View Item