Pengaruh Social Media Instagram dan Content Marketing terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Brand Sarita Beauty

Wijayani Chasanah, Yulia (2022) Pengaruh Social Media Instagram dan Content Marketing terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Brand Sarita Beauty. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1802025411_Yulia Wijayani Chasanah.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1802025411_Yulia Wijayani Chasanah.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah social media Instagram dan content marketing berpengaruh terhadap minat beli produk kosmetik brand Sarita Beauty. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Social Media Instagram (X1), Content Marketing (X2), dan Minat Beli (Y). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan data yang diperoleh dengan melakukan kuesioner online menggunakan google form yang disebar melalui media sosial dan hasil data yang diperoleh diolah menggunakan software SPSS versi 24. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para konsumen yang pernah membeli produk Sarita Beauty di Jakarta. Kemudian untuk sampel yang digunakan adalah sebanyak 102 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa social media Instagram memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 serta thitung 4,343 > ttabel 1.984, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh signifikan secara parsial pada variabel Social Media Instagram (X1) terhadap variabel Minat Beli (Y). Nilai signifikansi yang dimiliki pada variabel content marketing adalah sebesar 0,229 > 0,05 serta nilai thitung 1,211 < ttabel 1.984, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh signifikan secara parsial pada variabel Content Marketing (X2) terhadap variabel Minat Beli (Y). Berdasarkan hasil uji F, menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005 dan nilai Fhitung 12,186 > Ftabel 3,09 yang membuktikan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima dan nilai menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada Social Media Instagram (X1) dan Content Marketing (X2) secara simultan terhadap Minat Beli (Y). Nilai Ajusted R Square menunjukkan hasil sebesar 0,181 yang artinya bahwa Minat Beli dapat dijelaskan oleh variabel Social Media Instagram dan Content Marketing sebesar 18,1% dan sebesar 81,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:07
Last Modified: 05 Apr 2023 04:07
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23385

Actions (login required)

View Item View Item