Pengaruh Pendapatan Premi, Beban Klaim, dan Hasil Investasi terhadap Profitabilitas Perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia

Dwi Anggraini, Shela (2022) Pengaruh Pendapatan Premi, Beban Klaim, dan Hasil Investasi terhadap Profitabilitas Perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1802025306_Shela Dwi Anggraini.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1802025306_Shela Dwi Anggraini.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan premi, beban klaim, dan hasil investasi terhadap profitabilitas perusahaan asuransi jiwa di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Teknik pemilihan sampel 24 perusahaan sesuai dengan kriteria. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan telaah dokumen menggunakan data laporan keuangan tahunan konvensional yang dipublikasi pada web resmi masing-masing perusahaan dari tahun 2016-2020. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda data panel, pengujian asumsi klasik, analisis koefisien determinasi (R2), dan pengujian hipotesis dengan software STATA versi 14.2. Hasil uji hipotesis secara parsial premi neto berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA dengan nilai prob. sebesar 0.006 < 0.05, beban berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA dengan nilai prob. sebesar 0.003 < 0.05 dan hasil investasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ROA dengan nilai prob. 0.225 > 0.05. Selain itu secara simultan menunjukkan nilai prob. 0.0207 < 0.05 artinya variabel premi neto, beban klaim, dan hasil investasi berpengaruh dan signifikan terhadap ROA. Berdasarkan analisis koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa nilai Adjusted R-Square sebesar 0.1354 atau 13,54%. Hal ini berarti setiap perubahan ROA dijelaskan oleh variabel premi neto, beban klaim dan hasil investasi sebesar 13,54%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya. Berdasarkan penjelasan di atas penulis memberikan saran kepada perusahaan asuransi agar memperhatikan aliran pengolaan premi yang tepat, supaya dalam penempatan pos investasi menghasilkan keuntungan dan meningkatkan laba. Serta memanfaatkan dana premi dengan baik melalui investasi yang dilandasi dengan analisis, dan digunakan ketika jumlah beban klaim tinggi. Untuk peneliti berikutnya agar dapat menambah variabel independen lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:11
Last Modified: 05 Apr 2023 03:11
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23365

Actions (login required)

View Item View Item