Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Perputaran Piutang, dan Current Ratio terhadap Profitabilitas Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020

Mia Nurfitria, Chairunisa (2022) Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Perputaran Piutang, dan Current Ratio terhadap Profitabilitas Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of _FEB_MNJ_1802025242_CHAIRUNISA MIA NURFITRIA.pdf]
Preview
Text
_FEB_MNJ_1802025242_CHAIRUNISA MIA NURFITRIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, Profitabilitas (ROA) perusahaan Food and Baverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk tahun 2016 hingga 2020 merupakan variabel dependen, dan tiga variabel independen adalah Perputaran Modal Kerja, Perputaran Piutang, dan Current Rasio. Sampel sebanyak 10 (sepuluh) perusahaan dipilih untuk penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan purposive sampling. Dengan menggunakan perangkat lunak SPSS, Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Perputaran Modal Kerja, Perputaran Piutang, dan Current Rasio memiliki pengaruh terhadap Profitabilitas Perusahaan. Secara parsial Perputaran Modal Kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) perusahaan Food and Baverage periode 2016-2020, sementara Perputaran Piutang secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profiabilitas (ROA) perusahaan Food and Baverage di Indonesia, serta Current Rasio memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan Food and Baverage periode 2016-2020. Oleh karena itu, alangkah baiknya perusahaan tetap memperhatikan dan meningkatkan kinerjanya agar dapat mengurangi kemungkinan perusahaan mengalami penurunan profitabilitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 05 Apr 2023 01:41
Last Modified: 05 Apr 2023 01:41
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/23352

Actions (login required)

View Item View Item